FGD Lokakarya Ilmiah Nasional

Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, APTIPI, dan ISIPII Selenggarakan Lokakarya Ilmiah Nasional

Presentasi Panel Lokakarya Ilmiah NasionalFGD Lokakarya Ilmiah NasionalDepartemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi (APTIPI) dan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) sukses menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Ilmiah Nasional. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu hari Kamis dan Jum’at,  8 dan 9 Agustus 2019 di Auditorium Gedung 1 dan Auditorium Gedung 4 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Kampus UI Depok. Pada Lokakarya Ilmiah Nasional yang mengusung tema “Filosofi Kajian Informasi dan Budaya” ini, sebanyak 18 Doktor di bidang ilmu informasi, perpustakaan, dan kearsipan mempresentasikan hasil penelitian dan kajian yang telah mereka lakukan dalam format diskusi panel serta mendiskusikan peluang pengembangan teori dan praktik di bidang tersebut.

Lokakarya ini merupakan pertemuan kali kedua antara para doktor di bidang ilmu informasi, perpustakaan, dan kearsipan pada tingkat nasional yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 20-21 Juli 2011 dengan tajuk “Meet the Doctors“. Pada saat itu, terkumpul para doktor baru yang mempresentasikan ringkasan disertasi mereka (http://lipi.go.id/pengumuman/seminar-dan-lokakarya–:-information-for-society—scientific-point-of-view/14377). Pertemuan tersebut juga pernah dilanjutkan di FIB UI pada tahun 2012 dan 2018, namun bersifat lokal.

Lokakarya Ilmiah Nasional ini juga sekaligus menjadi momen peluncuran Buku Antologi Kajian dalam Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Filosofi, Teori, dan Praktik. Buku tersebut merupakan kumpulan dari hasil penelitian dan pemikiran para doktor pada bidang ilmu perpustakaan, informasi, dan kearsipan. Dalam buku tersebut, terdapat juga hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh beberapa pengajar di Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB UI , yaitu Dr. Dra. Indira Irawati, M.A., Dr. Ike Iswary Lawanda, M.S., Dr. Laksmi, M.A., Dr. Dra. Luki Wijayanti, M.Hum., Dr. Nina Mayesti, M.Hum., Dr. Tamara Adriani Salim, M.A., Dr. Yohanes Sumaryanto, M.Hum., dan Rahmi, Ph.D.

Buku Antologi Kajian dalam Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Filosofi, Teori, dan Praktik dapat diunduh melalui link berikut:

[pdf-embedder url=”https://dipi.fib.ui.ac.id/wp-content/uploads/sites/61/2019/08/Buku-Antologi-Kajian-dalam-Bidang-Ilmu-Perpustakaan-dan-Informasi.pdf” title=”Buku Antologi Kajian dalam Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi”]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X